mungkin sebagian orang di dunia ini mengenal CPU adalah kotak komputer secara keseluruhan yang terhubung dengan unit monitor.nah di artikel ini gw bakal bahas secara mendetil (EAAA) apa perbedaa CPU GPU dan APU.

 CPU sendiri adalah kependekan dari Central Processing Unit merupakan bagian terpenting dalam sebuah komputer,sebut saja CPU adalah otak dari komputer. tugas dari CPUU itu sendiri adalah mengolah data berdasarkan instruksi dan data dari software .bentuk dari CPU itu sendiri ditandai dengan adanya heatsink dan kipas yang bertugas mendinginkankannya. CPU umumnya terpasang secara on-board ,atau terintegrasi dengan motherboard.CPU umum disebut dengan posessor .










GPU adalah Graphics Processing Unit, prossesor jenis ini adalah processor yang hanya bertugas untuk mengolah tampilan grafik.dari jaman ke jaman GPU sudah semakin kompleks dan semakin tinggi speknya sehingga mendukung untuk menampilkan grafik terbaik pada Game game saat ini. GPU terlihat seperti sebuah rangkian tersendiri (chip) yang menancap pada motherboard.Sedangkan integrated graphics, GPU-nya biasanya tidak berupa chip tersendiri,namun sudah menjadi satu dengan motherboard.



udah paham sama CPU dan GPU seakrang kita bakal bahas APU.  APU adalah singkatan dari Accelerated Processor Unit yang merupakan gabungan dari CPU dan GPU. Komponen ini bertujuan untuk memberikan processing yang lebih cepat karena kedua komponen dapat terhubung dengan lebih cepat, APU secara umum tidak memberikan kepuasan bagi pengguna tingkat lanjut, namun cukup untuk pengguna awam dan tingkat menengah dengan kebutuhan processor yang tidak terlalu tinggi. Meski dapat digunakan untuk komputer, APU lebih direkomendasikan untuk perangkat mobil, laptop atau PC low-end.

Post a Comment