buat agan agan yg sekarang PC nya matot ngga usah cemas karena itu hanya masalah kecil, sebenernya ciri-ciri yang paling umum bila komputer “tidak mau dihidupkan” adalah daya listrik ke PC sebenarnya masuk tetapi tidak menampilkan apa-apa di monitor, namun jika yang ternyata stop kontaknya yang bermasalah berarti anda tidak perlu susah-susah mengatasinya, jadi sebelum mengecek ke yang lainnya pastikan dulu aliran listrik dari stop kontak ke komputer berjalan dengan normal.

kalo agan lihat lampu pada komputer dan mendengar Kipas bekerja dari dalam tetapi sama sekali tidak muncul di layar Anda.
Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa monitor anda tidak menampilkan informasi/menyala seperti biasa,  maka perlu bagi anda untuk mengetahui apa penyebabnya dengan mengecek melalui point-point dibawah.

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KOMPUTER YANG MATI /TIDAK MAU HIDUP

1. Periksa dulu monitor komputer, bisa jadi karena sambungan kabel VGA monitor ke CPU kurang kencang. pastikan terlebih dahulu dan jika perlu agan bisa coba di komputer atau laptop lain, jadi jika kipas dan cpu berkerja namun monitor tidak menampilkan informasi/menyala maka kemungkinan besar monitornya yang bermasalah.

2. nah kalo komputer anda berbunyi “Bip” maka kemungkinan besar yang bermasalah VGA, Memory (RAM), atau Batery CMOSnya, untuk solusi sementara coba copot lalu pasang kembali memory card (RAM) yang ada dalam CPU, jadi anda harus membongkar CPU komputer



3. Coba cabut baterai CMOS yang ada pada matherboard, lalu pasang kembali dengan begitu anda bisa menghapus memori BIOS pada motherboard , dan otomatis akan kembali pengaturan BIOS ke setting default bawaan. Akibat dari kesalahan konfigurasi BIOS bisa menyebabkan PC Anda tidak dapat startup.

4. buat agan yg make UPS, UPS cenderung menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya dan sering menjadi penyebab komputer tidak mau dihidupkan. atau anda bisa mengetesnya langsung dari stop kontak /catuan listrik.

5. Coba masuk ke BIOS komputer (jika masih bisa), anda bisa menginstall ulang system operasinya dan menggantinya dengan OS yang baru semisal windows7 atau win 8. Langkah ini biasanya cara terakhir untuk mengatasi masalah komputer yang tidak mau hidup alias mati.

6. nah kalo cara cara diatas masih belum bisa menghidupkan PC agan sebaiknya agan bawa ke tukang service ahli komputer , karena mungkin ada komponent komputernya yang memang benar-benar rusak yang memang harus diganti, yg paling rawan rusak diantara semua komponen adalah mother board.

mungkin ini dulu tips yg bisa gw bagikan cara mengatasi PC matot
,gw OUT

3 Comments

Post a Comment