disini ada yg pernah ngerasain PC hilang tenaga padahal spek high class atau performa tidak seprima sebelum agan upgrade PC

mungkin itu yg namanya bottleneck, mungkin banyak dari agan agan yg masih bingung apa itu leher botol eh maksud gw bottleneck

Bottleneck adalah suatu fenomena di mana terdapat 1 komponen hardware yang tidak dapat bekerja secara optimal, dikarenakan ada komponen hardware lain yang tak mampu mengimbangi.

CONTOH: agan beli vga card mahal yakni geforce GTX 1080, namun agan hanya pakai processor entry level seperti Intel G3258 meskipun si procie punya power yg nakal tapi tetap si procie tidak bisa mengimbangi si VGA karena jumlah core dan masih banyak sekali factor yg menyebabkan bottleneck. maka dapat dipastikan, vga agan akan bottleneck, tidak keluar performa aslinya. Dan ujung2nya mubazir.

NOTES: Untuk kasus processor yg bottleneck, indikasinya bermacam-macam, seperti clock processor yang terlalu rendah (hanya 2,6ghz), ataupun core processor yg hanya dual core saja. Namun biasanya bottleneck pada processor lebih disebabkan pada clock processor yg masih rendah. di bawah 3ghz untuk VGA mid-end ataupun di bawah 4ghz untuk VGA high end.


Post a Comment